Minggu, 10 Maret 2013

Menggunakan Virtual Box

Virtual Box yaitu perangkat lunak virtualisasi yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.

Cara Menggunakan Virtual Box untuk membuat WindowsXP

Instal dahulu virtualbox contohnya Oracle VM VirtualBox seperti gambar dibawah ini. Lalu klik New.



Setelah kita meng-klik. maka kan ada tampilan seperti dibawah ini.
Isi kan Nama, Type sistem yang ingin kita buat, dan juga Versi dari type itu sendiri. Contohnya Microsoft Windows dengan Versi Windows XP. Setelah itu klik Next.


Akan ada tampilan seperti dibawah ini.
Disini, adalah ukuran memori RAM yang akan digunakan di dalam virtualbox. Yang direcommended oleh Virtual Memori sendiri yaitu sebesar 192 MB. Akan lebih baik lagi jika lebih besar dari yang direkomendasikan, misalnya saya seperti gambar di bawah menggunakan 256 MB. Klik Next jika sudah yakin.


Setelah Next, tampil gambar dibawah ini.
Jika anda sudah pernah menggunakan VirtualBox sebelumnya, makan anda bisa men-centang "Use an existing virtual hard drive file" jika anda belum pernah dan ingin membuat yang baru, makan centang "Create a virtual hard driver now" lalu klik Next.


Selanjutnya, pilih type hard drive yang anda inginkan, misalnya VDI (VirtualBox Disk Image). Klik Next setelah itu


Setelah itu, akan tampil gambar seperti dibawah ini.
Pilih sesuai kebutuhan Anda. Selanjutnya Klik Next


Selanjutnya, pada gambar dibawah ini akan tampil ukuran file yang ingin kita buat, disini saya memilih 5,5 GB. Dimana dalam penggunaan Virtual Box yaitu akan ada penyimpanan memori sebesar 5,5 GB. Klik Create jika sudah yakin.


Sekarang anda telah membuat sebuah Virtual Box dengan Sistem Operasi Windows XP ^^. Sebelum menjalankannya, cobalah memilih Setting di bar menu. Dalam hal ini Anda bisa menyesuaikan dan mengatur hal-hal yang mungkin Anda butuhkan.


Setelah semuanya siap. Selanjutnya Klik Start untuk menjalankannya.
Akan ada tampilan seperti dibawah ini. Dalam hal ini, Anda harus menginstall sebuah file yang berbentuk ISO untuk virtual box Anda untuk diletakkan di dalam sebuah virtual box yang telah anda buat tadi.




Jika Anda sudah yakin, maka Klik Start.
Tampilan dibawah, yaitu adalah seperti menginstal Windows XP biasa, namun saat ini kita akan menginstallnya di sebuah virtual box yang telah kita buat tadi. Lakukan langkah-langkah install windows seperti biasa.









Selesai. Anda sudah membuat sebuah Virtual Box dengan Sistem Operasi Windows XP didalamnya. ^^

GOMAWOO :))

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

feel free to comment here :)